Friday 14 August 2015

Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur : Suasana Alami dan Segar di Ibu Kota


Liburan keluarga ditempat yang bertemakan perkemahan dengan suasana yang alami ditambah dengan tersedianya tenda-tenda perkemahaan , ya ada di Jakarta Timur . Tepatnya yaitu di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur. Dijamin, bisa bikin ploooong.

Ya, rupanya masih ada tempat untuk melarikan diri dari kepadatan dan kesibukan suasana Ibukota. Kepadatan yang mengisi hari hari selama bekerja, bersekolah dan rutinitas lainnya membuat kita seakan butuh hal yang menyegarkan hati dan fikiran dengan berlibur. Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur ini dipenuhi pepohonan lebat yang memproduksi udara segar. Bagi yang ingin bersantai menikmati alam namun tak sempat pergi ke luar kota, Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur (Buperta Cibubur) adalah jawabannya.

Buperta Cibubur merupakan pilihan wisata yang tepat untuk keluarga. Anda yang bosan dengan atmosfer pusat perbelanjaan dan hiruk pikuk keseharian kota maka jangan segan meraih tempat ini untuk mendekatkan anak-anak dengan alam. Kawasan Buperta Cibubur terletak di Jakarta Timur dengan luas wilayah 210 hektar. Topografinya beragam, dihiasi kontur tinggi rendah, bukit, danau dan perkebunan karet. Meskipun begitu dekat dengan alam, Buperta Cibubur jauh dari jangkauan binatang buas.

Pada 1973, Buperta Cibubur dijadikan tempat penyelenggaraan Jambore Nasional pertama bagi Pramuka Penggalang se-Indonesia. Berawal dari situ, hingga kini Buperta Cibubur selalu digunakan sebagai tempat pertemuan pramuka, pemuda, instansi pemerintah dan swasta. Pertemuan tersebut kerap dilaksanakan di alam terbuka menggunakan tenda-tenda.

Berdasarkan Kepres RI No. 25/1997, Buperta Cibubur diakui sebagai tempat kegiatan terpadu, lengkap dan berkualitas. Selain itu, destinasi ini juga menawarkan taman rekreasi keluarga, pusat pendidikan, ekowisata, dan agroindustri terbatas.

Sarana dan fasilitas yang terdapat di tempat ini antara lain: peginapan, halang rintang, pendopo perkemahan, lapangan, taman, taman lalu lintas, kolam renang dan pertokoan. Untuk memudahkan pengunjung yang akan melaksanakan ibadah di bumi perkemahan, terdapat 5 sarana peribadatan yang letaknya berada di sekitar areal tapak kemah dan merupakan suatu komplek peribadatan.

Seluruh tapak perkemahan Buperta Cibubur mampu menampung 20 ribu orang. Cukup banyak untuk menampung minat masyarakat ingin berkunjung ketempat wisata yang masih terjangkau lokasinya dan alami suasanya.

Untuk anda yang gemar berpetualang, jangan ragu untuk mendirikan tenda di sini. Ada fasilitas penyewaan tenda seharga Rp40-300 ribu, tergantung ukuran tenda. Sewa lokasinya sangat terjangkau yaitu Rp10 ribu per malam. Harga tiket masuk ke Buperta Cibubur sendiri Rp3 ribu per orang.

Yap, ada tips untuk anda keluarga, ketika anda dan keluarga ingin menikmati suasana alami yang menyegarkan ditempat ini, anda bisa menikmatinya dengan bersepeda santai. Tips lainnya nya adalah anda dan keluarga ada baiknya datang pagi hari ketika matahari belum meninggi. Untuk kegiatan bersepeda bisa diselingi dengan olahraga ringan lain seperti jogging.

Buperta Cibubur memiliki letak strategis dan mudah diakses. Jika mengendarai mobil, Anda bisa masuk ke dalam tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Cibubur. Dengan kendaraan umum pun mudah diraih, kawasan ini terletak sekitar 8 kilometer dari Kampung Rambutan, Anda bisa menaiki mikrolet dengan jurusan Cibubur.

Berbagai kafetaria dan restoran dibangun untuk melengkapi kebutuhan pengunjung, salah satunya adalah Gubug Udang Situ Cibubur. Aksen tradisional benar-benar terlihat pada desain restoran. Gubuk-gubuk beratap jerami diletakkan langsung di atas danau, menawarkan sensasi bersantap yang unik di ibukota. Menu andalan di sini adalah udang bakar, gurame terbang dan karedok. Selain restoran, warung makan pun berjejer menyuguhkan berbagai makanan seperti mie instan dan kopi panas untuk menghangatkan tubuh.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur banyak sekali loh sobat. Tentu, berkemah merupakan kegiatan utama yang ditawarkan di sini tetapi bukan untuk kalangan pramuka saja, keluarga yang berminat pun dapat melakukannya. Berkemah dapat mengajarkan nilai-nilai kemandirian kepada anak.

Jika ingin melatih kedisiplinan anak, temukan Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara. Taman ini didesain menyerupai Kota Jakarta dengan skala yang lebih kecil. Buah hati bisa belajar dengan sistem yang dirancang atraktif dan edukatif sehingga tidak mudah membuatnya bosan.

Selain itu, Anda juga bisa membawa sepeda dan mengayuhnya bersama keluarga. Kontur tinggi rendah di sana merupakan rintangan yang masih bisa ditaklukan oleh pecinta sepeda santai. Bagi yang gemar aksi ketangkasan, Anda bisa mencoba fasilitas outbond dari Buperta Cibubur.

Gemar berenang? kolam renang di sini pun cocok dinikmati oleh keluarga karena diciptakan dengan kedalaman yang berbeda

Bagi anda yang membutuhkan informasi lebih banyak tentang mencari sovenir, restoran, hotel dan agen perjalanan, anda dapat mengunjungi situs http://www.indonesia.travel/id/destination/994/bumi-perkemahan-pramuka-cibubur . Di situs tersebut tersedia lengkap berbagai informasi penunjang kebutuhan anda selama berlibur di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur.

Selamat Berlibur.

Referensi :
http://www.indonesia.travel/id/destination/994/bumi-perkemahan-pramuka-cibubur

0 komentar:

Post a Comment